PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA

Survei pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Kayuambon Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

  • Sandey Tantra Paramitha Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Dewi Susilawati Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Lukmannul Hakim Lubay Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Keywords: Permainan Tradisional, Kebugaran Jasmani.

Abstract

Peningkatan kebugaran jasmani di lingkungan sekolah perlu dibina untuk menunjang terciptanya proses belajar yang optimal, karena siswa yang mempunyai kebugaran jasmani atau kondisi fisik yang baik akan mempertinggi kemampuan dan kemauan belajarnya. Permainan merupakan bagian dari pada bidang studi pendidikan jasmani yang mempunyai banyak kegiatan. Bentuk permainan yang dapat diajarkan pada siswa Sekolah Dasar yang salah satunya adalah permainan tradisional. Melalui permainan tradisional diharapkan dapat meningkatkan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Kayuambon Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dengan pendekatan metode The Group pretest-postest design penelitian ini menunujukan bahwa : Sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan permainan tradisional rata-rata skor tingkat kebugaran jasmani siswa sebesar 12,50 yang masuk dalam kategori kurang dan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan permainan tradisional rata-rata skor tingkat kebugaran jasmani siswa sebesar 16,93 yang masuk dalam kategori sedang. Dari hasil ini mengindikasikan tingkat kebugaran jasmani siswa setelah diberikan pembelajaran permainan tradisional meningkat sebesarĀ  4,43 atau 35,47%.

Published
2018-03-18
How to Cite
Paramitha, S., Susilawati, D., & Lubay, L. (2018, March 18). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 8(1), 90-99. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/motion.v8i1.457